Search
  • vzuubeautybar

Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Memencet Jerawat


Jerawat, tentunya setiap orang pernah memilikinya dan merasa kesal jika mengalaminya bukan? Tak jarang karena terlalu gemas ketika jerawat yang memerah dan menonjol, membuat Anda menjadi memencet jerawat hingga keluar darah.


Saat Anda memencet jerawat, berarti Anda mendorong paksa bakteri, minyak, dan luka jerawat untuk keluar.


Hal itu sangat tidak baik dilakukan karena dapat merusak dan merobek lapisan kulit.


Jadi Anda tidak boleh sama sekali memencet jerawat pada kulit wajah Anda, kecuali jerawat tersebut sudah berubah warna menjadi putih atau kekuningan d iujungnya.


Namun, pastikan Anda membersihkan wajah, tangan, dan alat yang Anda gunakan untuk memecahkan jerawat.


Bahaya lain jika Anda memecahkan jerawat yaitu ada area yang disebut dengan “triangle of death” pada wajah, yang berada di antara alis menuju ke dua sudut mulut. Area tersebut berada tepat di bawah otak yang disebut dengan sinus cavernosus. Sinus cavernosus adalah area yang mengandung saraf dan pembuluh darah penting yang membawa darah ke otak dan mata.


Jika Anda memiliki jerawat pada area segitiga ini dan memencetnya, infeksi bisa terbesar ke sinus kavernosus. Hal ini menyebabkan pembengkakan yang dapat menghambat saraf serta pembuluh darah yang dibutuhkan pada area sinus. Bila infeksi tidak diatasi, bisa berakibat serius dan menyebabkan kebutaan atau bahkan stroke.


Jadi bila Anda memiliki jerawat di area itu sebaiknya jangan asal memencet jerawat tersebut.


Namun, bagaimana jika Anda terlanjur sudah memecahkan jerawat Anda ? Dermatologist New York, Sejal Shah, mengungkapkan jika Anda telah terlanjur memecahkan jerawat, Anda perlu memberi waktu bagi kulit untuk pulih. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan secara lembut pada area jerawat yang baru saja Anda pencet dan sebaiknya Anda kompres dengan air dingin bila terjadi pembengkakan atau luka.


Sementara itu, hindari produk perawatan wajah yang mengandung bahan yang dapat meningkatkan iritasi di area tersebut, contohnya produk yang berbahan dasar alkohol. Selain itu jangan lupa untuk kenakan tabir surya, karena sinar UV dapat semakin mengiritasi jerawat yang sudah dipencet.

6 views0 comments

Recent Posts

See All